April 21, 2012

Robot Line Follower Sederhana

RLF adalah sebuah robot yang dapat berjalan mengikuti warna garis hitam / putih. Membuat robot ini sangat sederhana dan mudah dibuat. * Siapkan sepasang Infrared. ditoko yang menjual komponen elektronik sepasang cuma 3000 - 5000 rupiah. warnanya bening dan biru.
Ini gambarnya :
Led yang berwarna bening adalah infrared, berfungsi sebagai pemancarnya dan yang biru berfungsi untuk penerimanya. Sensor pada gambar di bawah adalah sensor untuk membuat Robot Line Follower (RLF)/ Line Tracer.
Ini skemanya :


output dari sensor dimasukkan ke input dari komparator. Komparator menggunakan IC LM324 yang mudah di dapat di pasaran. Skema komparator menggunakan IC LM 324.
Ini rangkaian dalam IC LM324.
Layout komparator.
Skema H Bridge driver motor.

Layout H Bridge driver.
Bersambung...Insya ALLAH...

38 komentar:

  1. mohon pencerahan, saya butuh layout eagle dari Lm324 nya.



    terimakasih..........

    BalasHapus
  2. Maaf, Saya tidak biasa menggunakan eagle. Saya menggunakan sofware Pad2pad. sofwarenya juga free. Sama-sama untuk membuat layout. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.

    BalasHapus
  3. saya minta daftar komponen komponen nya dengan jelas dong mas .

    BalasHapus
    Balasan
    1. jordy irawan. maksudnya jordy daftar komponen yang mana? semuanya sudah ada di skmanya. Robot follower terdiri dari : 1.Sensor. 2.Komparator. 3.H Bridge driver(untuk menggerakkan motor).
      trm ksh sudah mampir di blog saya...

      Hapus
    2. silahkan kunjungi blog saya yang lain.
      www.maintronik.blogspot.com

      Hapus
  4. saya minta daftar komponen2 nya,sekaligus skema penempatan nya mas .

    BalasHapus
  5. memasukkan program ke ic nya gmn?
    apa gk perlu di program?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga pake program. ini analog. kunjungi blog saya yang sudah saya update. terima kasih sudah berkunjung.
      www.maintronik.blogspot.com

      Hapus
  6. Mas Ryan : ga pake program. ini Analog

    BalasHapus
  7. om, mungkin bisa minta file dr Pad2pad-nya...
    trims

    BalasHapus
  8. kira2 bianaya habiz berapa ya..gan..???

    BalasHapus
  9. To Rudy : Kira-kira ga sampai seratus ribu. Tapi saya menggunakan motor penggeraknya hasil modifikasi saya sensiri, banyak sih yang jual sudah jadi tapi harganya cukup mahal untuk ukuran kantong saya. lihat foto diatas sudah saya update. Itu motor DC 3 vol yang ada di mobil mainan anak-anak yang banyak dijual. Dinamo dan Rodanyanya saya pakai, juga gigi-gigi mekaniknya. Untuk dudukan gigi mekanik saya pergunakan PCB polos. Tapi sedikit di modif agar jalannya ga terlalu pelan juga ga terlalu kencang. Harga mainan tsb harganya cuma 10 ribu di tempat saya. saya pergunakan dua buah. Satu untuk yang sebelah kiri dan satu lagi untuk sebelah kanan. Catatan : saya cuma ingin sekedar tahu aja bagaimana cara kerja Robot Follower. Semoga bermanfaat. terima kasih sudah mampir ke blog saya.

    BalasHapus
  10. gan kalo make pcb dot matrik, gmN

    BalasHapus
  11. To arul rock : Bisa aja. Tinggal berimprovisasi aja.

    BalasHapus
  12. bikin pemancar fm http://www.facebook.com/pages/Ciriung-FM/382990168396186

    BalasHapus
  13. gan ko saya buat rangkaian sensornya ga nyala ea............?????????

    terus kok robotnya jalannya lambat padahal udah menggunakan tegangan 12v. tolong dong gan kasih tau saya thankz...........

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba satu persatu. Periksa apakah kaki LED IR tidak terbalik atau periksa juga apakah masih dalam keadaan baik. mungkin juga sudah terbakar karena diberi tegangan yang terlalu besar. Tegangan cukup 5 volt atau batre A3 sebanyak 3 buah. Bila permukaan sensor kita tutup dengan kertas warna hitam / putih maka indikator led pada sensor akan menyala atau mati.

      Hapus
  14. pada sensor gambar cuma ada 1 ragkaian, mhoN penjelasan, ato email/fb yg bsa dhubungI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sensor cuma saya gambar cuma satu. harusnya 2 buah. email saya joniez14@yahoo.com
      fb saya https://www.facebook.com/yogiad14

      Hapus
    2. Skema sensor sudah di update. terima kasih koreksinya

      Hapus
  15. ikut gabung donk?
    hehe

    ane juga pengen blajar ne gan
    tlong bantuannya yah?

    BalasHapus
  16. Kang Iwan Silahkan. Trm ksh sudah berkunjung.

    BalasHapus
  17. bang bisa d email k soedirman15@gmail.com g?? butuh tutor nan skema lengkapnya makasih

    BalasHapus
  18. Mas Soedirman email sudah sy kirim. maaf agak telat. maklum Kuli panggul . . .

    BalasHapus
  19. mas bisa kirim ke email q juga ?? binxbinxsaputra@gmail.com
    makasih sebelumnyaaa

    BalasHapus
  20. ini sudah teruji apa belum??

    BalasHapus
  21. mas, mohon diemail juga ke kaki_ketha@yahoo.com, buat nambah2 ngelmu. terima kasih sebelumnya,

    BalasHapus
  22. mohon maaf belum kulonuwun...

    BalasHapus
  23. To Habib Husen, email sudah saya kirim

    BalasHapus
  24. gan yang di maksud Vcc pada rangkaian Skema H Bridge driver motor. itu di ambilkan dari batre 3 volt atau seperti apa??

    BalasHapus
  25. Om, untuk VCC dari komparator pake berapa y? 5 voltkah? apa 12?

    BalasHapus
  26. e-mail andrel.karunia@yahoo.co.id ya.

    BalasHapus
  27. wah pada di pm ikutan dong kang..

    luqman.saputra11@gmail.com

    BalasHapus
  28. untuk semua pengunjung blog ini saya mohon Maaf baru sempat balas. silahkan kunjungi blog saya yang sudah di update dan sudaah di uji, www.maintronik.blogspot.co.id

    BalasHapus

Silahkan comment tapi yang sopan yach..?